Minggu, 18 Desember 2016

Peralatan Peralatan AC, Air Handler, Chiller


Cooling System Data Center

Pusat data ini sendiri menghasilkan panas selama proses kerjanya. Menurut American Society of Heating, Refrigeration and Air Conditioning Engineers (ASHRAE), batas suhu maksimal sebuah pusat data harus berada pada 20 hingga 22 derajat Celsius. ASHRAE kemudian meningkatkan batas maksimal tersebut menjadi 27 derajat Celsius. Ini dilakukan guna mendorong pihak perusahaan untuk menemukan sistem pendingin yang tepat untuk mengatasi panas pada pusat data mereka. Perusahaan yang bermarkas di California ini menggunakan sistem bernama “free-cooling” untuk semua pusat data miliknya, baik yang di dalam maupun di luar Amerika. Dengan sistem ini Google mengklaim pusat data membutuhkan 50% energi lebih sedikit dibanding pusat data yang ada lainnya. Sebagai contoh, pusat data Google yang ada di Hamina, Finlandia, dianggap sebagai pusat data tercanggih saat ini.  Memanfaatkan pasokan air dari Teluk Finlandia, Google menyalurkan air tersebut melalui pipa khusus untuk menghilangkan panas kemudian menyalurkannya langsung ke mesin-mesin pusat data untuk menurunkan suhunya. Air laut yang telah panas setelah melewati pusat data tadi kemudian dengan air laut yang masih segar untuk menyamakan suhunya sebelum akhirnya dikembalikan lagi ke Teluk Finlandia. Inovasi dari Google ini terbukti ampuh dalam mengatasi panas. Tidak memerlukan zat kimia semacam freon atau nitrogen yang dinilai dapat merusak ozon untuk jangka panjang, terlebih jika untuk mendinginkan pusat data milik Google yang diketahui sangat besar.
Kebutuhan Sistem Pendingin 
Selain memasok listrik dan konektivitas, Data Center juga harus dapat mendinginkan server, perangkat jaringan, dan mesin lainnya. Pengawasan terhadap lingkungan dalam bangunan yang mengatur suhu dan sirkulasi udara secara kolektif sebagai HVAC-pemanasan, ventilasi, dan pendingin udara. Infrastruktur HVAC ini memiliki tiga pekerjaan yang dapat dilakukan di Data Center:
1.    Jaga suhu rendah
2.    Jauhkan konstan

Suhu rendah diperlukan untuk operasi
dalam server, agar server tersebut menjadi efisien. Seperti perangkat elektronik yang berfungsi lebih efektif pada suhu dingin kecepatan sirkuit yang lebih cepat karena menurunkan hambatan listrik, komponen menurunkan lebih lambat, dan pembuangan panas lebih efisien. Sementara lingkungan server biasanya dipelihara di suatu tempat antara 65 dan 75 ° Fahrenheit (18,3 dan 23,9 ° Celsius), yang biasanya untuk digunakan untuk kenyamanan di dalam ruangan dan karena membutuhkan energi yang sangat besar untuk mencapai suhu yang lebih rendah . Jika tidak ada pertimbangan, Data Center mungkin akan menyerupai berjalan-dalam dengan baik.
            Pendingin Data Center biasanya dapat melalui sistem pendingin, yang melibatkan tiga unsur utama utama peralatan pendingin udara, pendingin, dan pendingin puncak. Udara didinginkan dalam handler dengan melewati gulungan yang berisi cairan dingin seperti angin bertiup melintasi balok es kemudian menuju ke data Center. Kumparan umumnya dijaga pada suhu 43° atau 44° Fahrenheit.

Karena
udara naik dan akan berkumpul maka sebagian Data Center termasuk bagaian dasar ikut naik, sebagian udara memiliki masukan di bagian atas dan di bagian bawah. Model ini dipasang baik di Data Center atau di koridor yang berdekatan dengan menghubungkan saluran yang memungkinkan pertukaran udara. Dengan asumsi bahwa Data Center memiliki aktifitas yang bekerja di dalamnya secara teratur, beberapa bagian mungkin memerlukan persentase udara luaruntuk masuk ke dalam ruangan. Kebanyakan pendingin udara juga memiliki sistem filtrasi untuk menangkap debu dan polutan lain, untuk meningkatkan kualitas udara Data Center Anda. Pendingin udara bekerja untuk melakukan kegiatan menjaga kumparan handler udara dingin. Mereka mengandung tiga komponen-evaporator, kompresor, kondensor dan. Evaporator mengubah refrigerant cair menjadi gas dan dalam proses udara yang dingin yang bersirkulasi dari penangan udara. Kompresor menarik dalam gas ini, berubah menjadi tekanan tinggi, uap suhu tinggi yang dapat kental dengan mudah.



      Pendingin
biasanya terletak di bagian luar dari pusat Pusat Data. Biasanya dapat ditempatkan di bagian atau di bagian atas. Proses yang terjadi dalam chiller menghasilkan sejumlah besar panas. Ini adalah tugas dari bagian pendingin untuk membuang panas agar kondisi menjadi tetap dingin. Udara panas ini menguap di bagian atas pendingin untuk menurunkan suhu. Proses ini bekerja dengan cara yang sama. Contohnya adalah seperti ketika anda berolahraga Anda berkeringat dan didinginkan dengan menguap energi dalam diri. Kipas di dalam menara pendingin kemudian menarik udara di serangkaian filter, yang mendinginkan udara di dalam, mirip dengan bagaimana fungsi pengendali udara. Karena udarar yang hilang selama proses penguapan, disebut makeup air.
          Makeup air berasal dari sumber pendingin. ini berarti bahwa sistem pendingin Data Center rentan terhadap kegagalan dengan pasokan udara. Anda dapat melindungi kondisi ini dengan membangun wadah penyimpanan udara untuk pasokan air makeup. Untuk ukuran tambahan perlindungan, mengkonfigurasi pendinginan dan api penindasan infrastruktur sehingga udara dalam sistem sprinkler dapat ditarik atas untuk melayani sebagai air makeup dalam keadaan darurat. Air sprinkler seharusnya hanya dimanfaatkan sebagai air make up sebagai upaya terakhir untuk menjaga Data Center dari overheating. Tidak hanya mengalihkan udara tetapi juga dapat menghambat kemampuan untuk memadamkan api, tetapi karena air sprinkler dapat stagnan selama bertahun-tahun pada suatu waktu, memindahkannya ke dalam sistem pendingin mengotori proses pengolahan air normal yang terjadi dalam menara pendingin.

Jika lingkungan server berada dalam kondisi dingin mungkin
dapat mengambil keuntungan dari udara dari luar server yang  dingin untuk menghemat energi dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan sistem pendingin. Dengan cara ini dapat menghemat uang dengan tidak harus menjalankan kompresor, yang dapat menyebabkan keausan pada perangkat, dan memberikan kesempatan yang ideal untuk setiap pemeliharaan yang diperlukan untuk dilakukan pada chiller. Teknik ini dikenal sebagai pendinginan gratis. Memang tidak benar-benar gratis, karena pompa dalam sistem pendingin harus tetap beroperasi, tetapi dapat memberikan penghematan biaya yang signifikan.
         
          Tempat udara dalam data center membutuhkan pendinginan dengan kondisi yang rumit dan berdedikasi karena tingginya jumlah panas yang dihasilkan oleh ratusan atau ribuan server, perangkat jaringan, dan peralatan lain. Tetapi dibangun dari sebuah lingkungan server yang dapat dikatakan sangat kecil, dengan hanya beberapa lemari kemungkinan untuk mendinginkan ruangan dengan menggunakan infrastruktur pendingin udara yang sama yang mendinginkan ruang-ruang lainnya di dalam gedung. Hal ini dikenal sebagai rumah udara.

          Rumah udara biasanya otomatis untuk ruang kerja dengan cara yang sama dapat diatur thermostat di rumah. Pemanasan dan pendinginan digunakan secara bebas selama jam kerja untuk memberikan tingkat suhu yang nyaman, dan setelah beberapa Jika memilih untuk mendinginkan lingkungan server kecil dengan rumah udara, mengkonfigurasinya untuk memberikan pendinginan dalam beberapa jam

          Makeup Air Sama seperti air makeup harus ditambahkan sebagai bagian dari proses chiller untuk mengimbangi air yang hilang karena penguapan, demikian juga harus dipasok ke Data Center. Makeup udara diperlukan untuk mencegah lingkungan server dari menjadi depressurized. Makeup udara ditarik dari luar dan harus disaring untuk mencegah kontaminan dari memasuki Data Center.

          Redundansi dalam Infrastruktur Pendingin sama seperti ketika menginstal infrastruktur listrik dan jaringan perangkat tambahan agar fungsi Data Center ini terisolasi terhadap tekanan waktu, demikian juga harus dapat memberikan redundansi dalam infrastruktur pendinginan. Minimal, memberikan setidaknya satu handler udara di lingkungan server dari yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pendinginan. Redundansi ini memungkinkan setiap handler satu udara harus ditutup untuk pemeliharaan rutin. Dalam hal bahwa malfungsi handler udara, unit cadangan juga dapat diaktifkan untuk mempertahankan pendinginan yang cukup dalam lingkungan server. Untuk Data Center besar yang mencakup lebih dari selusin penangan udara, pertimbangkan untuk menginstal dua pengatur udara cadangan. Karena semua data Center pendingin udara kembali ke chiller eksternal.

          Menindaklanjuti redundansi ini dengan menyediakan menara pendingin tambahan setiap chiller. Meskipun ada kemungkinan untuk memberi persediaan dua pendingin dari menara pendingin tunggal, hal ini tidak dianjurkan. Penghematan biaya yang minimal dari melakukannya, dan menara pendingin tunggal menjadi satu titik kegagalan.

            Pendingin Distribusi dan Tekanan Udara Tekanan udara harus dipertahankan di Data Center untuk pendinginan akan disampaikan secara efektif dan efisien. Bukan yang tidak diinginkan dalam kegiatan Data Center menghambat udara dingin dari bagian mana harus memulai dan memaksa infrastruktur pendinginan Anda untuk bekerja lebih keras untuk mengimbanginya. Bayangkan mencoba untuk mengisi ember besar dengan air menggunakan selang taman yang memiliki kebocoran lubang jarum. Air yang lolos ke lubang yang tidak pernah membuat ke dalam ember. Semakin banyak lubang di selang, semakin banyak yang dialihkan. Tingkat tekanan udara di Data Center disebut tekanan statis. Pengukuran ini, dinyatakan dalam inci atau cm kolom air atau meteran air, mengacu pada hambatan udara seperti yang didorong ke ruangan. Pusat Data biasanya dirancang untuk memiliki tekanan statis antara 0,2 dan 0,5 . Untuk menjaga tekanan udara di Data Center, adalah dengan menutup semua dinding dan pintu dan hati-hati mengelola setiap bukaan di bagian lantai atau ruang di atas, tergantung pada ruang yang di desain. Terbuka penuh ubin lantai berlubang di lokasi kabinet yang dikemas dengan peralatan dan menutup mereka di dekat lokasi yang tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar